Rabu, 30 Maret 2011

"HERO"

hero atau dalam bahasa kita "pahlawan"..
hmm..kata yang mungkin diimpi-impikan oleh setiap orang..
sama seperti waktu kecil saya..cita-cita saya ingin menjadi seorang pahlawan..
seperti apa sih pahlawan itu..??
menurut yang pernah saya dengar pahlawan itu adalah sesesorang yang berjasa pada seseorang lain, sekelompok orang lain ataupun semua orang didunia..
namun kaedah berjasa itu apa sih sebenarnya..??
apakah jika seseorang pernah berjasa lantas akan layak disebut "pahlawan"..??
 jika demikian maka batas antara seorang "pahlawan" dan "penjahat/penghianat sangatlah tipis..bahkan mngkin tidak ada bedanya..!!
Mari kita sejenak menelusuri kisah raja Bone "Arung Palakka" yang pernah disebut seorang penhianat dan raja Gowa "Sultan Hasanuddin".. 
Pada jaman berdirinya kerajaan Gowa dan Bone terjadi konfrontasi perebutan kekuasaan diseputar wilayah sulawesi antara mereka..perang yang terjadi bertahun-tahun dan pada akhirnya raja Bone "Arung Palakka" takluk oleh raja Gowa "Sultan Hasanuddin"..
namun sebagai raja yang agung tak sedikitpun niat "Arung Palakka" untuk menyerahkan nasib rakyat dan negarinya pada tirani lain..

maka seiring datangnya oang-orang Belanda yang kita kenal sebagai VOC maka bergabunglah raja Bone dengan VOC hanya untuk merebut kembali negerinya..(sama sekali bukan tunduk pada VOC)..
sungguh perbuatan mulia menurut saya..

akan tetapi denga perbuatannya itu "Arung Palakka" pernah dicap sebagai seorang "penjahat/penghianat" selama bertahun-tahun oleh bangsa ini..
layakkah dia disebut penghianat..??
atau sebenarnya dia itu seorang pahlawan..??
hmm..itu tergantung persfeksi dan dimana kita menilainya..

bagi rakyat Bone tentulah dia seorang pahlawan besar..
tapi bagi rakyat Gowa mungkin saja dia dinilai sebagai seorang penjahat/penghianat..!!
jadi dari kisah itu dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya "pahlawan" dan "penjahat" itu sebenernya dua hal yang serupa tapi tak sama..tergantung dimana posisi dan cara pandang kita menilainya..
seorang bandit/maling yang pastinya kita anggap sebagai seorang penjahat bisa saja dia seorang pahlawan dimata seseorang..mungkin dia adalah pahlawan besar bagi keluarga atau kelompoknya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman anda

game

Enter your guess between 1 and 10: